Membuat Karya Seni Rupa 3 Dimensi

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3



A. Tujuan Pembelajaran

Melalui hasil pengamatan dan demonstrasi  dari berbagai sumber tentang proses pembuatan Karya seni rupa tiga dimensi, siswa bias membuat karya seni rupa tiga dimensi sesuai dengan teknik yang menjadi pilihan mereka. 

B. Uraian Materi

Proses pembuatan Karya Seni Rupa tiga dimensi dengan teknik yang sudah dipilih siswa pada pertemuan sebelumnya.

Mengaplikasikan teori dasar penciptaan Karya Seni Rupa dua dimensi dengan terlebih dahulu mengelola unsur-unsur karya seni rupa dengan kaidah- kaidah komposisi sehingga menjadi karya yang harmoni.

$ads={1}

Untuk mempermudah penuangan imajinasi, seluruh ide atau gagasan tadi dituangkan dalam bentuk sketsa. 

Pengolahan ide melalui sketsa ini dimaksudkan supaya penyusunan unsurunsur seni rupa yang dipilih bisa diterapkan dalam komposisi yang baik dan harmoni. Melalui sketsa inilah diperolah gambaran tentang hasil karya yang sedang dikerjakan. 

Selanjutnya dalam proses pengerjaan, siswa sudah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Dengan mengenali karakter bahan dan alat yang digunakan, akan diperoleh efek karya yang diinginkan. 

Pada tahpn finishing, sekali lagi siswa memperhatikan dengan seksama karya yang sedang dikerjakan, mungkin ada bagian-baghian yang perlu diperhalus, atau perlukan diberi lapisan tertentu supaya hasil lebih menonjol dan lebih awet dalam pemakaian. 

C. Rangkuman

  1. Setiap teknik memiliki karakteristik dalam proses pembuatannya. 
  2. Siswa menyelesaikan pembuatan karya seni rupa tiga dimensi.

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama