Fiqhu al-Sirah al-Nabawiyyah | The Great Episodes of Muhammad ﷺ


Buku ini dikarang oleh Syaikh Muhammad Sa‘id bin Mula Ramadhan Al-Buthy adalah figur ulama yang mengabdikan hidupnya sebagai seorang Guru dan Dai sembari terus menampilkan sikap zuhud di dunia yang fana. Orang yang berprinsip tegas jika memang benar itu adalah benar, tanpa peduli tindakannya nanti akan dicerca orang ataupun sebaliknya.

Beliau juga merupakan seorang pemikir Islam moderat sekaligus penulis yang sangat produktif. Karyanya mencapai bilangan tujuh puluh lima buku. Karya-karyanya juga banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Misalnya, al-Hub fil Qur'an (Al-Qur'an Kitab Cinta), La ya'thil Bathil (Takkan Datang Kebathilan terhadap Al-Qur'an), Fiqh al-Sirah al-Nabawiyah (Sirah Nabawiyah: Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasul ﷺ yang saat ini sedang berada di tangan Anda) dan masih banyak yang lainnya.

Dalam konteks kepesantrenan, terutama pesantren salaf, bukunya yang berjudul Dhowabitul Maslahah merupakan referensi primer dalam kajian Bahtsul Masail (BM). Tokoh yang paling berpengaruh di Timur Tengah ini juga termasuk barisan ulama yang getol membendung radikalisme Islam. Paham radikal adalah suatu paham yang anti dengan tradisi bermazhab, menyerukan pentingnya ijtihad, intoleran, cenderung eksklusif dan menganggap kebenaran hanya ada pada kelompok mereka.

Kegigihannya dalam membendung paham radikal ini terekam dalam bukunya yang berjudul As-Salafiyyah; Marhalah Zamaniyyah Mubarokah la Mazhab Islamiyun dan al-La Mazhabiyyah: Akhtoru Bid'atin Tuhaddidus Syariah Islamiyyah. Selain hal itu, beliau juga salah satu ulama yang menjadi rujukan kalangan Ahlussunnah Waljamaah dalam bidang akidah. Bahkan ada menyebut beliau sebagai ghazaliyu-l-ashr atau Imam Ghozali masa kini. Sebutan ini sebetulnya tidaklah berlebihan. Toh nyatanya beliau dapat membuktikan dengan menulis buku yang berjudul Kubra al-Yaqiniyyat al-Kauniyyah. Sesuatu yang sama sekali baru dalam buku itu adalah, bahwa kerangka aqoid diletakkan sebagai basis penangkal aliran pemikiran yang sedang meruyak di era modern ini, seperti teori evolusi Darwin, filsafat dialektika, dan lain sebagainya.

$ads={1}

Demikian sekelumit tentang biografi beliau. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan buku karangan beliau tentang Sirah Nabi Muhammad ﷺ. Namun sebelum membaca buku tersebut Anda harus paham mengapa kita sebagai ummat Muslim harus mengerti tentang Sirah Nabi Muhammad ﷺ.

Dalam pendahuluannya beliau menjelaskan apa tujuan kita mempelajari Sirah Nabi Muhammad ﷺ berikut kata beliau :

Tujuan mempelajari dan memahami Sîrah Nabi ﷺ. bukanlah semata-mata mencermati pelbagai peristiwa sejarah, juga bukan sekadar meriwayatkan aneka kisah dan kejadian yang dianggap orisinil. Tujuan mempelajari Sîrah Nabi ﷺ. adalah agar Muslim dapat menggambarkan hakikat Islam yang menjelma dalam kehidupan Nabi ﷺ. Maka, tak sepatutnya kita menempatkan kajian Fiqhus- Sîrah Nabi ﷺ. setara dengan kajian riwayat hidup salah seorang khalifah, raja, ataupun kisah tentang suatu periode tertentu dalam sejarah. Dengan kata lain, kajian Sîrah Nabi ﷺ. merupakan amal nyata yang bertujuan untuk menjelmakan hakikat Islam secara lengkap, dengan sosok Nabi Muhammad ﷺ. sebagai contoh idealnya.

Jika tujuan tersebut diperinci, ada beberapa tujuan khusus dari mempelajari dan memahami Sîrah Nabi ﷺ., yaitu:

  1. Untuk memahami kepribadian Rasulullah ﷺ. dengan cara mempelajari kehidupannya serta situasi dan kondisi di masa beliau hidup sehingga dapat menegaskan bahwa Muhammad ﷺ. bukan sekadar sosok yang paling cerdas dan jenius pada masanya, tetapi juga menunjukkan bahwa beliau adalah seorang rasul yang disokong oleh Allah dengan wahyu serta taufik dari sisi-Nya.
  2. Agar setiap Muslim menemukan potret ideal yang bisa dia teladani dalam menjalani seluruh kehidupannya, yang dijadikan pedoman utama dalam seluruh aktivitasnya. Tidak diragukan lagi, setiap kali seseorang mencari contoh ideal dalam salah satu aspek kehidupan, niscaya dia akan mendapatinya pada sosok Rasulullah ﷺ. dalam rupa yang sangat jelas dan lengkap. Oleh karena itu, Allah menjadikan beliau sebagai teladan bagi seluruh manusia:
  3. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) Hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS Al-Ahzâb [33]: 21)
  4. Memahami Sîrah Nabi Nabi ﷺ. merupakan salah satu jalan untuk memahami Kitabullah sehingga kita bisa merasakan semangat dan maknanya. Sebab, banyak ayat Al-Quran hanya dapat ditafsirkan dan dijelaskan dengan mencermati berbagai kejadian yang dialami Rasulullah ﷺ. serta bagaimana sikap beliau menghadapi peristiwa itu.
  5. Agar setiap Muslim dapat menghimpun porsi terbesar wawasan dan pengetahuan Islam yang benar, baik yang terkait dengan akidah, hukum, maupun akhlak. Pasalnya, tidak perlu diragukan lagi, kehidupan Nabi ﷺ. tidak lain adalah gambaran hidup dari seluruh prinsip dan hukum Islam.
  6. Dengan memahami Sîrah Nabi ﷺ. para pendidik dan para pendakwah memiliki contoh yang hidup tentang bagaimana mendidik dan mengajar. Sebab, Muhammad ﷺ. adalah guru, pendidik, pemberi nasihat, sekaligus pengajar utama yang tidak kenal lelah mempraktikkan cara mendidik dan mengajar yang efektif melalui beberapa tahapan dakwahnya.

Poin terpenting kenapa Sîrah Nabi ﷺ. dapat mewujudkan semua tujuan di atas adalah karena kehidupan Nabi ﷺ. meliputi seluruh aspek kemanusiaan dan kemasyarakatan, baik sebagai individu maupun anggota suatu komunitas. Kehidupan Rasulullah ﷺ. menjadi contoh luhur tentang seorang pemuda yang berperilaku lurus dan tepercaya mengemban amanat kaumnya dan para sahabatnya. Beliau juga menjadi teladan luar biasa sebagai juru dakwah yang mengajak manusia kepada Allah dengan cara yang bijak dan nasihat yang baik; beliau senantiasa mengerahkan segenap tenaga untuk menyampaikan risalah Allah; beliau adalah pemimpin negara yang mengelola segala urusan dengan cerdas dan sangat bijaksana; beliau adalah suami ideal yang selalu bersikap santun kepada keluarganya; beliau adalah ayah yang penyayang, yang dapat membedakan secara rinci antara hak dan kewajiban setiap istri dan anaknya; beliau adalah panglima perang dan politisi yang jujur lagi cerdik; beliau adalah seorang M uslim paripurna yang cermat dan adil membagi antara penghambaan dan pertapaan kepada Allah dan pergaulan yang jenaka lagi lembut bersama keluarga dan para sahabatnya.

Dengan demikian, kajian Sîrah Nabi ﷺ. merupakan penggambaran yang jelas mengenai sisi kemanusiaan Rasulullah ﷺ. sebagai contoh yang paling luhur dan sekaligus potret paling sempurna bagi seluruh umat manusia.

Adapun buku karangan beliau yang berjudul Fiqhu al-Sirah al-Nabawiyyah | The Great Episode of Muhammad bisa Anda baca di bawah ini. Jika Anda ingin mengunduhnya juga dipersilahkan. 

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama