Pelaksanaan Pameran Seni Rupa

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan siswa mampu menganalisis pelaksanaan pameran seni rupa yaitu dengan menjelaskan tentang tata ruang pameran dan tata cara pembukaan pameran seni rupa serta menumbuhkan Karakter kejujuran dan bekerja sama.

B. Uraian Materi

Pelaksanaan Pameran

Komitmen dan kerjasama adalah kata kunci dalam keberhasilan penyelenggaraan pameran seni rupa, penataan ruang pameran, sirkulasi pengunjung, pemajangan atau penataan karya, pengaturan tata letak lampu sorot, pengelompokkan kerja tata suara, buku tamu, buku kesan pesan, katalog dan susunan acara peresmian pembukaan pameran. Semua itu menjadi satu kesatuan yang utuh dan saling keterkaitan pada saat pelakasanaan pameran, ada beberapa hal yang harus diperatikan dalam pelaksanaan pameran yaitu : 

$ads={1}

  1. Pelaksanaaan pameran mencangkup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama, pelaksanaan kegiatan ini akan berjalan dengan lancar bila semua pihak khususnya panitia bisa bekerja seoptimal mungkin dan berkomitmen menyukseskan pameran tersebut.
     
    Gambar display karya dalam pameran seni rupa
     
  2. Penataan ruang pameran sangat diperlukan dengan diawali pembuatan rancangan denah ruang pameran. Hal ini berfungsi untuk mengatur arus pengunjung, komposisi penataan karya yang serasi, pengaturan jarak serta tinggi rendah pandangan terhadap karya dua dimensi dan tiga dimensi. Yang harus diperhatikan dalam penataan ruang.
    • Karya dengan komposisi warna yang kuat hendaknya tidak didekatkan dengan karya yang memiliki komposisi warna lemah,
    • Karya dengan komposisi warna yang kurang hendaknya tidak diletakkan pada ruang sedikit sinar karena akan memperlemah warna yang ada,
    • Pemberian cahaya lampu jangan sampai menyilaukan mata atau mengganggu pandangan pengunjung,
    • Pemasangan karya hendaknya sejajar dengan pandangan mata, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah,
    • Pemasangan karya yang lebih tinggi dari tubuh penikmatnya harus di buat condong ke bawah sehingga mudah di nikmati,
    • Letakkan beberapa pot bunga dan tanaman untuk memperindah dan menyegarkan ruangan,
    • Letakkan karya tiga dimensi pada tempat yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang,
    • Pengelompokkan karya juga harus mempertimbangkan ukurannya

 
Gambar Denah tata ruang pameran seni rupa

 
Gambar Penempatan karya dua dimensi

 
Gambar Penempatan karya seni rupa tiga dimensi

Pembukaan Pameran

Pembukaan pameran seni rupa di sekolah ditandai dengan kata sambutan dari panitia dan perwakilan sekolah. Biasanya pengunjung dan tamu undangan diberikan katalog pameran sebagai bahan informasi pameran. Penerima tamu memastikan bahwa pengunjung telah mengisi buku kesan dan pesan, hal ini berguna untuk menilai tanggapan pengunjung terhadap proses pelaksanaan pameran dan karya yang di pamerkan. Acara pembukaan menandakan kegiatan memiliki legalitas, resmi dan tercatat dalam agenda berkesenian

Dalam pembukaan pameran hendaknya dibuatkan infomasi tentang susunan acara mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan, penyampaian profil seniman, jenis-jenis karya yang ditampilkan, kurator karya yang dihadirkan sampai pada kegiatan penutup.

 
Gambar Pembukaan pameran seni rupa. Sumber : sumbarsatu.com

C. Rangkuman

Pelaksanaan pameran seni rupa dapat terselenggara dengan baik dan sukses berkat kepanitiaan yang solid dan berkomitmen. Pengaturan tata ruang pameran dibuat dengan sebaik-baiknya agar kegiatan pameran berjalan dengan lancar. Kegiatan pembukaan pameran seni rupa adalah kegiatan yang wajib ada dalam setiap pameran seni rupa.

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama