Cara Memprogram Led Blink di Arduino


 

Kali ini kita akan belajara bagaimana caranya memprogram Led Blink atau Led Berkedip menggunakan Arduino IDE yang nantinya akan kita upload ke Arduino Uno


Pada pembelajaran sebelumnua kita telah belajar Cara Merangkai Led pada Arduino Uno. Jika Anda belum membacanya silahkan lansung klik judul tersebut untuk membuka materinya.

Pada pembelajaran Cara Merangkai Led pada Arduino kita telah belajar bagaimana caranya merangkai wiring Led yang disambungkan ke board Arduino, tentunya hal tersebut sangat berkaitan dengan materi sekarang ini.

$ads={1}

Update Rangkaian Sebelumnya

Karena kali ini kita akan mengontrol Led maka ada wiring atau pengkabelan yang harus diubah sedikit dari sebelumnya yang ada di Cara Merangkai Led pada Arduino seperti terlihat pada gambar berikut:


Gambar : Rangkaian Led Berkedip

Dari rangkaian tersebut kita akan membuat Led berkedip (hidup-mati secara berulang). Kedipan itu akan dikontrol oleh salah satu kaki Arduino (kita pilih kaki/pin 8). Dengan demikian, logika pada pin 8 akan menjadi output untuk mengontrol LED. Ingat, logika 1 berararti LED akan nyala, logika 0 berarti LED mati. 

Oleh sebab itu kita harus meletakkan kabel jumper yang dari kaki positif Led menuju ke Pin-8 pada board arduino. Sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel tersebut.

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama