Cara Merangkai LED Pada Arduino


 

Hai... pada kesempatan kali ini kita akan belajaran tentang bagaimana caranya memprogram LED Blink dan cara merangkainya.

Rangkaian LED Pertama

Ketika belajar pemrogaman, program pertama yang harus dicoba pertama kali adalah memunculkan pesan "Hello World!". Dalam belalajar mikrokontroller ternyata juga ada, yang pertama kali harus dibuat adalah membuat lampu LED berkedip, LED berkedip maksudnya adalah flip-flop.

LED merupakan kependekan dari Light Emiting Diode, yaitu diode yang mampu mengubah listrik menjadi cahaya. Sebagaimana sifat diode, lampu LED memiliki kaki positif dan negatif. Sehingga pemasangannya tidak boleh terbaik, jika dipasang terbalik maka tidak akan ada arus yang mengalir dan LED pun tidak akan menyala. 

$ads={1}

Kaki positif pada LED disebut dengan kaki Anode, sedangkan kaki negatif disebut dengan Katode. Biasanya kaki positif lebih panjang dibanding kaki negatif. Perhatikan gambar LED berikut :

 
Gambar : Bagian-bagian LED. Sumber : wikipedia.org

Arduino bekerja pada tegangan 5-12 volt dengan arus yang relatif besar yang sanggup memutuskan LED. Sehingga jika kita ingin menyambungkan LED, maka kita butuh tahanan (resistor) untuk membatasi arus yang masuk ke LED. LED memiliki tegangan kerja yang disebut dengan forward voltage (fv) yang mana tegangan ini adalah tegangan yang dibutuhkan LED untuk bisa menyala dengan baik.

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel tersebut.

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama