Mengenal Board Arduino Uno dan Project Board


Pendahuluan

Hai kembali lagi bersama saya. Pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan Board Arduino Uno dan Project Board yang nantinya akan kita gunakan untuk melakukan praktik.

Board Arduino Uno

Di sini saya memilih board Arduino Uno sebab board ini disamping gampang dijumpai di pasaran dan juga harganya tidak terlalu mahal.

Harga Arduino Uno R3 yang original adalah €20 atau sekitar Rp. 314.000-an dilansir dari laman resmi arduino.cc.

Tapi jangan hawatir sebab Arduino Uno R3 ini sudah banyak clonningnya alias banyak yang membuat salinanna dengan harga yang sangat murah. Bila kita mau berselancar di toko online maka di sana akan banyak yang menawarkan dengan harga murah berkisar antara Rp.60.000, s/d Rp.100.000, cukup murah lah dibanding yang ori. hehe.

$ads={1}

Macam Arduino Uno R3

  1. Arduino Uno R3 DIP (Dual In-line Package)

    Arduino Uno macam ini memiliki microcontroller (micon) ATmega328P yang bisa dicopot dan dipasang kapanpun kita inginkan. Kelebihannya adalah ketika micon yang ditancapkan rusak kita bisa segera menggantinya dengan yang baru tanpa harus menyoldernya.

     
    Gambar : Arduino Uno R3 DIP. Sumber : arduino.cc

  2. Arduino Uno R3 SMD (Surface Mounted Devices)

    Arduino Uno macam ini memiliki microcontroller (micon) ATmega328P berbentuk chip yang cara pemasangannya harus disolder. Kakinyapun kecil-kecil biasanya soldel yang digunakan menggunakan solder blower. Bisa juga menggunakan solder biasa akan tetapi harus menguasai teknik dan keterampilan khusus.

     
    Gambar : Arduino Uno R3 SMD. Sumber : arduino.cc

Pin Out Arduino Uno R3

Sebelum melanjutkan ke praktik kita harus mengenal dahulu pin-out atau lubang-lubang yang ada di board Arduino Uno tersebut agar nanti ketika praktik tidak salah menyambungkan pengkabelan sebab salah memasang kabel bisa berakibat fatal. Bisa-bisa board tersebut tidak bisa lagi digunakan karena short atau bahkan bisa terbakar.

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel tersebut.

 

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama