Mengenal Arduino IDE Lebih Mendalam


Hai teman... Semoga hari ini kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang Mengenal Arduino IDE Lebih Mendalam.

  Gambar : Ilustrasi Arduino IDE. Sumber : arduino.cc

Sebelum kita melakukan praktik tentunya yang harus dilakukan adalah mengenal Arduino IDE lebih jauh lagi agar nanti ketika sudah melakukan praktik dan membuat projek pertama kali tidak merasa kebingungan lagi.

Ini perlu dilakukan agar projek yang akan kita kerjakan nanti tidak madek begitu saja gara-gara cuma kita tidak mengenal lebih mendalam tentang bagaimana cara menggunakan Arduino IDE. Tentunya materi kali ini khusus bagi para pemula, dan jika Anda sudah pernah membuat projek dan telah menguasai medan Arduino IDE maka tidak perlu membaca ini. hehe.

$ads={1}

Pada materi kali ini kita akan belajar bagian-bagian Arduino lebih lengkap lagi meski sebelumnya kita telah belajar bagian-bagian tersebut pada artikel Cara Install Arduino IDE.

Tampilan Awal Arduino IDE

Ketika pertama kali kita membuak Arduino IDE maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

 
Gambar : Arduino IDE pertaka kali dibuka

  1. Pada Arduino IDE tersebut ada lembar kerja yang kosong disebut dengan tempat penulisan code program.
  2. Code program yang ditulis di lembar kerja tersebut disebut dengan sketch
  3. Arduino IDE secara otomatis akan membuatkan nama sketch yang belum disimpan dengan nama sketch bulan dan tanggal kapan ketika kita membukanya, disusuli dengan abjad a jika itu merupakan file baru dan b jika file baru ke-2 dan begitu c, d, e dan seterusnya. Contoh di atas tertulis dengan Sketch_mar08a yang berarti file program ini diberi nama sketch dibuat pada tanggal 08 Maret dan merupakan file sketch a (pertama).

Pada tampilan awal Arduino IDE tersebut terdapat 5 menu yang sediakan untuk keperluan fungsi atau perintah yang terdapat di Arduino tersebut. 

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel tersebut.

 

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama