Cara Install Arduino IDE


Kembali lagi bersama saya.... Pada kesempatan kali kita akan belajar tentang bagaimana caranya mengunduh dan cara menginstal Arduino IDE.

Pada materi sebelumnya yakni di materi pengenalan Arduino kita telah berkenalan apa itu Arduino dan apa saja produk yang ditawarkannya.

Sebelumnya juga sudah dijelaskan apa itu Arduino IDE, tentunya saat ini saya tidak perlu lagi menerangkan apa itu Arduino IDE.

Sekarang kita akan belajar bagaimana cara mengunduh dan menginstal Arduino IDE pada komputer kita.

$ads={1}

Mengunduh Aplikasi Arduino IDE

Untuk mengunduh Arduino IDE langsung saja kita menuju ke web resminya agar kita selalu mendapatkan update terbaru tentang aplikasi ini.

Silahkan unduh Arduino IDE nya di sini


Akan diarahkan ke web di mana aplikasi Arduino IDE berada. Seperti terlihat pada gambar berikut :

unduh_arduinoide

Setelah muncul seperti gambar tersebut silahkan pilih di bagian Download Options paling atas yakni Windows win 7 and newer (karena kita saat ini mempraktikkannya menggunakan OS windows). Jika Anda menggunakan OS selain windows silahkan pilih OS yang sesuai.

unduh_arduinoide

Ketika muncul seperti gambar tersebut silahkan pilih Just Download jika kita hanya ingin mengunduhnya saja. Tapi jika ingin memberikan kontribusi seperti misalkan akan memberikan donasi, maka pilih tombol Contribute & Download.

Tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

Instalasi Arduino IDE

Setelah proses pengunduhan selesai, maka kemudian kita akan menginstalnya ke komputer. Di sini saya akan menjelaskan bagaimana caranya menginstal di komputer yang ber OS Windows. Dan jika teman-teman menggunakan OS selain windows silahkan disesuaikan saja.

Buka direktori (tempat di mana kita menyimpan hasil unduhan tadi). Kebetulan di sini saya meletakkannya di tempat unduhan secara default

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel lengkapnnya

 

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama