Pengenalan Arduino


Assalamu'alaikum.... Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan Arduino. Apa itu Arduino, untuk apa Arduino, dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari.

Saya akan mencoba menjelaskannya dengan bahasa yang ringat, santai tapi yang pastinya mudah dipahami.

Baik langsung saja tanpa harus bertele-tele lagi, tentunya kalian juga tidak suka sesuatu yang bertele-tele bukan?

Pengertian Arduino

Untuk mengetahui apa itu arduino tentunya kita harus memetik pengertian dari pembuat arduino itu sendiri yakni yang berada di web resminya. Menurut mereka pengertian arduino sebagai berikut :

Arduino adalah platform elektronik open-source berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mudah digunakan. 
Sumber Arduino.cc

$ads={1}

Bila dilihat dari pengertian tersebut, Arduino merupakan platform elektronik yang open-source atau yang biasa kita sebut dengan suatu kode program yang bisa leluasa kita modifikasi sesuai selera dan bisa dipergunakan untuk kepentingan tertentu.

Juga terlihat dalam pengertian di atas bahwa Arduino menyediakan dua perangkat sekaligus yakni perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat Keras Arduino

Perangkat keras Arduino berbentuk board atau papan yang diproduksi oleh Arduino itu sendiri. Board ini terdiri dari module mikrokontroler yang siap pakai yang bisa diprogram sesuai yang kita mau.

Karena sifatnya open-source maka kita bisa mengembangkan perangkat ini dan bisa secara bebbas mendistribusikannya ke halayak ramai.

Adapun perangkat keras atau board yang dikeluarkan oleh Arduino cukup banyak variasinya. Berikut adalah beberapa produk board Arduino yang sudah diproduksi:

Untuk membaca Artikel selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Anda juga bisa menonton Video Tutorialnya di artikel lengkapnnya


Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama