Cara Membuat Proposal Kegiatan Pameran Seni Rupa

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini, siswa diharapkan dapat :

  1. Memahami kerangka penulisan proposal kegiatan pameran
  2. Menyusun dan membuat proposal yang baik sehingga dapat tercapainya tujuan untuk menyelenggarakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi.


B. Uraian Materi

Perencanaan Pameran

Perencanaan pameran tidak bisa dilepaskan dengan sumber daya manusia dalam hal ini kepanitiaan. Penyusunan struktur organisasi kepanitiaan pameran disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, situasi, dan kondisi sekolah. Pantia yang terbentuk membuat proposal kegiatan pameran dan merapatkan hal-hal yang perlu dieprsiapkan, pelaksanaan pameran, hingga evaluasi pasca pameran. Dalam kepanitiaan ini diharapkan dapat terjalin kebersamaan dan rasa tanggungjawab.

Penentuan keanggotaan kepanitiaan berdasarkan jumlah dan susunannya ditentukan oleh besar kecilnya volume pekerjaan pembagian tugas kepanitiaan dalam pameran seni rupa meliputi ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara, dan seksi-seksi. Seksi-seksi dibentuk sebagai penunjang pelaksanaan pameran, diantaranya seksi kesekretariatan, seksi usaha, seksi publikasi, dan dokumentasi, seksi dekorasi dan penataan ruang, seksi stand, seksi pengumpulan dan seleksi karya. Seksi perlengkapan, seksi keamanan, serta seksi konsumsi. Seksi lain yang diperlukan dapat ditambahkan pada struktur panitia pameran sesuai kebutuhan. Untuk menjalankan tugas-tugas kepanitiaan, administrasi, rapat, dan kegiatan lainnya diperlukan ruangan khusus sebagai kantor atau ruang kerja pameran. 

$ads={1}

Proposal Pameran

Proposal merupakan rencana kerja / kegiatan tertulis untuk mendapatkan izin atau persetujuan.

Proposal kegiatan pameran sangat penting . Berikut adalah fungsi Proposal dalam pameran :

  1. sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pameran.
  2. untuk mencari dana dari berbagai pihak (sponsorship) untuk membantu kelancaran penyelenggaraan pameran.
  3. Proposal dibuat untuk kepentingan mendapatkan izin kegiatan dari pihak sekolah atau keamanan,
  4. Untuk pencarian sponsor,
  5. Sebagai informasi bagi orangtua siswa, informasi bagi pers, dan pihak-pihak lain yang menjadi mitra kerja penyelenggaraan pameran.

Karena kepentingan di atas maka kualitas penulisan dan tampilan proposal pameran diusahakan seoptimal mungkin, untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai kalangan.

Sistematika isi proposal secara umum meliputi : 

  1. latar belakang,
  2. tema,
  3. nama kegiatan,
  4. landasan atau dasar penyelenggaraan,
  5. tujuan kegiatan,
  6. susunan panitia,
  7. anggaran biaya,
  8. jadwal kegiatan,
  9. ketentuan sponsorship, dan lain-lain.

Contoh Proposal Pameran


C. Rangkuman

Salah satu tahapan dalam perencanaan pameran adalah membuat proposal. Proposal pameran merupakan rencana kerja untuk mendapatkan persetujuan tentang kegiatan sebuah pameran karya seni. Proposal ini dapat digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pameran. Secara umum, sistematika isi proposal mencakup : latar belakang, tema, tujuan, dasar pemikiran, susunan kepanitiaan, peserta, jenis karya, jadwal kegiatan, anggaran biaya, ketentuan sponsorship dan lain-lain. Penulisan dan tampilan proposal pameran sebaiknya dibuat sebaik mungkin untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai kalangan.

Apa Komentarmu?

Komentar yang dirasa merugikan situs ini akan dihapus. Terima kasih telah berkunjung

Lebih baru Lebih lama